21 Fakta Unik Dan Menarik Makanan Yang Banyak Orang Tidak Ketahui


Game Online Indonesia  - Sistem makanan kita sangatlah menarik, mulai dari anggur yang dapat meledak di dalam microwave sampai merica yang mengandung bahan kimia yang membuat mulut kiita 'berpikir' terasa terbakar. Inilah 21 fakta unik dan menarik tentang berbagai macam makanan, di simak terus ya gaes biar memperluas wawasan dan memperkesan teman kalian.


Saat pesawat Boeing yang baru ingin di uji coba sinyal nirkabel mereka pada tahun 2012, mereka menumpukkan kentang pada kursi. Karena mengandung air dan bahan kimia yang tinggi, kentang menyerap dan memantulkan sinyal Wi-Fi.


Meskipun ada ribuan jenis pisang di seluruh dunia, buah berwarna kuning ini umum kita temui di pasar ataupun supermarket semuanya adalah klon genetik dari Varietas Cavendish. Cavendish diproduksi secara massal,  menurut Economist, karena tidak memiliki biji, sifat yang diinginkan konsumen dan bertahan lebih lama.

Karena Cavendish tidak memiliki benih, ia harus dikloning oleh petani untuk melanjutkan produksi. Baru-baru ini, para ilmuwan pertanian telah khawatir bahwa kurangnya jenis genetik dapat ancaman dan kepunahan.


Apakah kalian pernah berpikir kenapa permen gummy warnanya mengkilau ? Itu karena permen ini dilapisi dengan lilin carnauba, lilin yang sama yang digunakan pada mobil untuk membuatnya berkilau.


Suku Aztec mungkin terkenal akan kecintaan mereka terhadap coklat, tetapi menurut Organisasi Kakao Internasional, mereka juga menggunakan biji kakao sebagai mata uang. Orang-orang yang berada dalam kekuasaan Aztec bisa menggunakan kakao untuk membayar pajak mereka.


Madu dalam keadaan natural sangat rendah kelembabandan sangatlah asam, dua pertahanan utama terhadap pembusukan makanan. Menurut Pusat Madu dan Penyerbukan di Robert Mondavi Institute di University of California, dalam lingkungan yang rendah kelembaban dan asam yang tinggi seperti botol tertutup, bakteri akan cepat mati,


Menurut National Carrot Museum di Inggris, wortel pertama kali tidak terlihat seperti yang sekarang biasa kita lihat.

Awalnya sayuran ini berwarna ungu atau putih dengan akar yang tipis. Wortel oranye yang sekarang kita kenal dan makan hari ini sebenarnya adalah hasil mutasi genetik pada akhir abad ke-16 yang menang atas warna asli.


Cranberi sering disebut sebagai 'berry yang membal' karena mereka memantul saat mereka sudah matang. Bahkan, memantulkan cranberi adalah tes kematangan yang biasa dilakukan petani dan konsumen.


Jika kalian biasa mengolesi wasabi pada sushi kalian, ketahuilah bahwa kalian kemungkinan besar hanya makan lobak yang dicelupi. Sekitar 99% dari semua wasabi yang dijual di Amerika Serikat adalah palsu, dan kalian harus pergi ke restoran sushi kelas atas di Jepang untuk menemukan yang original.


Salmon liar secara alami berwarna pink karena banyaknya udang dalam makanan mereka, salmon yang dibudidayakan di peternakan dengan cara yang berbeda. Untuk bisa warna pink, petani salmon menambahkan karotenoid (menanam pigmen) pada ikan untuk meniru warna alami salmon liar.


Pai ditemukan di Inggris pada abad pertengahan, sementara resep modern untuk pai apel dengan pinggiran berisi atau lattice crust diciptakan dan disempurnakan oleh Belanda.


Pada abad ke-18 di Eropa, tomat dijuluki 'apel beracun', karena kaum aristokrat sering kali sakit dan mati setelah memakannya. Sedikit yang mereka tahu bahwa penjelasan ada pada peralatan makanan yang mereka pilih, bukan tomat.

Menurut buku masak sejarah, "Heirloom Flavor: Yesterday's Best-Tasting Vegetables, Fruits, and Herbs for Today's Cook", tingkat keasaman yang tinggi pada tomat akan menyebabkan timbunan dari pelat timah yang digunakan oleh aristokrat kaya dan menyebabkan keracunan timbal. Para aristokrat salah mengaitkan masalah itu dengan tomat itu sendiri.

Untuk lebih menambah reputasi buruk buah ini, tomat itu salah diklasifikasikan sebagai buah mematikan sebelum datang ke Eropa, menurut majalah Smithsonian. Pada abad ke-19 dalam kenaikan popularitas pizza di Naples, Italia perlahan mengubah reputasi buruk terhadap tomat.


Berikut ini adalah eksperimen sains yang menyenangkan (dan berbahaya): Jika kalian membagi hampir separuh anggur dan memasukkannya ke dalam microwave, dapat menciptakan bola api plasma dan ledakan.

Para ilmuwan telah menjelaskan bahwa microwave bekerja dengan menggunakan radiasi gelombang mikro untuk menghasilkan panas. Jika kalian tidak memasukan apapun dalam microwave atau anggur yang sangat kecil yang tidak bisa menyerap cukup daya, gelombang elektromagnetik tidak memiliki apa-apa untuk dilakukan dan menjadi terkonsentrasi.



Frasa 'permen akan menggerogoti gigi kalian' mungkin telah dibor ke dalam kepala kalian sejak kalian masih kecil. Tetapi ada banyak makanan di luar sana yang lebih buruk untuk kebersihan gigi kalian daripada permen, seperti biskuit. Itu karena asam, bukan gula yang menjadi penyebab utama kerusakan gigi.

"pernah berpikir bagaimana biskuit menjadi lengket di mulut saat kalian mengunyahnya?" Dr Mark Burhenne dari Askthedentist.com berkata. "Bahkan lebih baik untuk bakteri, lengket itu menempel di antara gigi kalian dan bakteri bisa berpesta lebih lama lagi."


Pala bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk minuman hangat kalian, tapi jangan terlalu banyak mencampurkannya. Makan pala terlalu banyak dapat memiliki efek fisik dari obat halusinogen, termasuk sensasi di luar tubuh, mual, pusing, dan aktivitas otak yang lamban.

Tapi, menurut The New York Times, dibutuhkan banyak pala lebih dari dua sendok makan untuk mulai merasakan efek seperti obat rempah-rempah ini, jadi tidak perlu terlalu khawatir.


Sulit membayangkan hari ini, tetapi sebelum sayap Buffalo ditemukan oleh Buffalo, pemilik New York Anchor Bar Teressa Bellissimo, sayap ayam, sisa rawan dan tulang ayam biasanya dibuang.

Seperti ceritanya pada tahun 1964, Bellissimo sedang mencari camilan tengah malam untuk putranya yang masih kuliah. Karena dia baru-baru ini menerima pesanan sayap ayam yang tidak disengaja, dia memutuskan untuk menggorengnya, lalu mengoleskannya dengan mentega dan saus pedas, menyajikan apa yang nantinya akan menjadi snack bar yang ikonik.


Sensasi terbakar yang dirasakan ketika kalian makan cabai pedas adalah reaksi mental, bukan fisik. Merica mengandung zat kimia yang dikenal sebagai capsaicin, yang secara alami mengikat reseptor rasa sakit pada saraf kita.

Otak mengira kalian menelan sesuatu yang panas, jadi kalian mulai berkeringat dan wajah pun memerah. Ini adalah cara tubuh untuk mencoba mendinginkan kalian, meskipun tidak ada ancaman suhu nyata, hanya yang dirasakan.


Walaupun beberapa detail dari cerita asli telah diperdebatkan, menurut NPR, pada tahun 1905 Frank Epperson yang berusia 11 tahun meninggalkan campuran soda dan air dalam cangkir di luar semalam. Campurannya membeku dan dia memakan makanan barunya. (mungkin karena saat musim dingin)

Epperson menyebut penemuannya "Epsicle" dan mulai menjualnya di seluruh Neptune Beach di San Francisco musim panas itu. Ketika dia semakin besar, anak-anak Epperson mulai menyebut kreasinya "Pop's Sicle," atau "Popsicle."


Kita mungkin berpikir tentang keju olahan sebagai penemuan dari Amerika (seperti keju Kraft dan Cheez Whiz), tetapi ternyata orang Swiss yang pertama menciptakannya.

Walter Gerber dan Fritz Stettler menciptakan keju olahan di Swiss pada tahun 1911 untuk meningkatkan daya simpan produk sebelum dikirim ke luar negeri, menurut Michigan Dairy Review.


Para ilmuwan di Bayerisches Geoinstitut di Jerman telah menemukan bahwa karena selai kacang sangat kaya akan karbon, memungkinkan untuk mengubah Skippy (merek selai kacang) menjadi berlian.

Yang kalian butuhkan adalah mengekstraksi oksigen dari karbon dioksida yang ditemukan dalam kacang, dan kemudian memberlakukan tekanan besar pada karbon yang tertinggal.


Carmine yang juga dikenal sebagai asam carminic, merupakan pewarna makanan merah yang biasanya dapat ditemukan di Skittles, ceri maraschino, raspberry dan makanan cepat saji, dan bahkan lipstik.

Asam Carminic juga dibuat dari bangkai kumbang yang dihancurkan yang dikenal sebagai Dactylopius coccus.


Mungkin tiram mentah masih hidup ketika kalian memakannya. Tiram memburuk begitu cepat sehingga koki harus melayani mereka dengan sangat cepat selagi mereka masih hidup, pada dasarnya. Beberapa varietas kerang dapat bertahan hidup di luar air hingga dua minggu, itulah mengapa tiram disimpan pada kondisi teregulasi. Begitu mereka mati, mereka tidak lagi aman untuk dimakan.

Jadi ya Jika kalian memiliki sepiring tiram segar, kalian mungkin mengunyahnya saat mereka masih hidup. Untungnya, tiram tidak memiliki sistem saraf pusat, jadi mereka tidak dapat merasakan sakit.

Itulah 21 Vakta Uniq pada makanan yang belum diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat dan memperluas wawasan.

Untuk melihat Vakta Uniq lainnya, bisa langsung klik disini.

Dan bagi kalian para gamers, bisa kunjungi halaman web BERITAPLAYER untuk melihat berita games ter-update.

Dan jangan lupa kunjungi juga ENTERTEEN untuk melihat berita entertainment ter-update.